Selasa, 02 November 2010

ANALISIS SWOT


Dalam penyusunan rencana strategis penting sekali dilakukan peninjauan dan analisis faktor – faktor internal dan eksternal. Faktor-faktor internal dapat diklasifikasikan kedalam dua golongan yaitu Strength (kekuatan) dan Weakness (kelemahan). Sementara itu, faktor – faktor eksternal dapat kelompokkan kedalam dua kelompok juga yaitu Opportunity (Peluang) dan Threats (Ancaman) Seperti yang diterapkan dalam Analisis SWOT.
Dengan Analisis SWOT kita bisa mendapatkan informasi – informasi yang tepat mengenai sumber daya dan kemampuan perusahaan dalam menghadapai persaingan yang competitive. Ini merupakan alat yang sangat baik untuk menyusun strategi dan seleksi. Berikut ini diagram yang menggambarkan frame Analisis SWOT :
STRENGTHS (Kekuatan)
Strengths (Kekuatan) perusahaan merupakan resources (sumber daya) dan capabilities (kemampuan ) yang dapat digunakan sebagai basis pengembangan dalam mewujudkan competitive advantage, seperti :
  1. Hak Paten
  2. Brand
  3. Reputasi yang bagus
  4. Harga / biaya
  5. Akses yang baik terhadap resources (sumber daya) yang lebih baik.
  6. Akses jaringan distribusi yang lebih luas
WEAKNESS (KELEMAHAN)
Ketiadaan atau kekurangan dari strength (kekuatan) merupakan weakness (kelemahan), seperti contoh berikut ini :
  1. Tidak ada proteksi hak patent
  2. Brand yang lemah
  3. Reputasi yang buruk
  4. Harga dan biaya yang tinggi
  5. kurangnya akses terhadap sumber daya yang baik
  6. Kurangnya akses distribusi chanel
Dalam beberapa kasus, weakness merupakan kebalikan dari strength. Seperti pada kasus perusahan dengan pabrik dengan kapasitas besar. Kapasitas yang besar merupakan strength dimana perusahan dapat menguasai pasar dan kompetitor tidak punya share di market. Tetapi perlu diingat bahwa kapasitas yang besar memerlukan investasi yang tinggi sehingga menjadi tidak mudah untuk melakukan perubahan – perubahan dengan cepat. Perusahan cenderung menjadi kaku dan lamban melakukan perubahan dalam mengantisipasi persaingan.
OPPORTUNITIES (PELUANGAN)
Analisis terhadap lingkungan external yang dapat membuka beberapa opportunities untuk menambah profit dan pertumbuhan, seperti :
  1. kebutuhan customer yang belum sepenuhnya terpenuhi
  2. Technology baru
  3. Kelonggaran regulasi
  4. penghapusan batas-batas perdagangan
THREAT (ANCAMAN)
Perubahan – perubahan eksternal juga bisa memberikan ancaman bagi perusahaan, seperti :
  1. pergeseran selera konsumen dari produk perusahaan
  2. kemunculan produk pengganti
  3. Peraturan baru
  4. Peningkatan batas-batas perdaganan
THE SWOT MATRIX
Perusahaan tidak harus mengejar lebih banyak peluang – peluang yang memberikan keuntungan akan tetapi lebih baik dan ini dapat memberikan lebih banyak keungtungan dengan mengembangkan competitive advantage yang pas dengan keunggulan perusahan dan peluang yang akan datang. Dalam kasus yang sama, perusahaan dapat menanggulangi kelemahan – kelemahan dalam rangka mengejar peluang yang harus diambil.
Pengembangan strategi dalam Analisis SWOT dapat dibuat matrix faktor yang sering disebut juga TOWS Matrix sebagai berikut :
STRENGTHS
WEAKNESSES
OPPORTUNITIES
S-O Strategies
W-O Strategies
THREATS
T-S Strategies
W-T Strategies
S-O Strategies : mengejar opportunities yang bagus dan sesuai dengan keunggulan perusahaan
W-O Strategies : menanggulangi kelemahan untuk mengejar peluang
S-T Strategies : mengidentifikasi cara – cara dimana perusahaan dapat mengunakan strengths untuk mengurangi sifat mudah kena serang dari ancaman luar.
W-T Strategies : Menyusun rencanan pertahanan untuk mengantisipasi kelemahan perusahaan dari mudah kena ancaman luar

sumber : http://fariddatulrohman.blogdetik.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar